Senin, 26 November 2012

Chocolate wars : Product positioning


 
Inspiration
“siapa yang punya ide gila pasti ditentang.”
“Who has the value added of products, it will be a winner.”

Product Positioning
Positioning adalah cara yang dilakukan oleh pemasar untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merek, atau lembaga tertentu. Positioning atas suatu merek adalah penting untuk membujuk dan menciptakan citra dalam benak pelanggan sekaligus membangun kepercayaan konsumen.  

Positioning dapat ditunjukan dengan tagline berupa kata-kata yang menarik, mudah diingat sekaligus menggambarkan identitas dan kepribadian yang dimiliki merek tersebut.  Pada The Chocolate War dapat diketahui bahwa Hershey memiliki tagline “The Great American Chocolate Bar”, sedangkan kompetitornya M&M menggunakan tagline “Meleleh di dalam mulut Anda, bukan di tangan Anda”.

Differentiation product di dukung dengan Positioning product dan Brand  menjadi Top of Mind  merek chocolate Hershey dan Mars sangat kompetitif dan mampu bersaing dengan ketat. Hershey menjadikan coklatnya sebagai ikon dari America (Real American Chocolate atau Chocolate klasik yang sudah dikonsumsi secara turun temurun). Sedangkan M&M mampu menciptakan tren baru dimana coklat dikemas dalam bentuk permen.



Graduate student of Management and Business-IPB Class of EK10
Marketing Class Notes — Based on Video “Chocolate Wars” at Thrusday, February 21, 2012

0 komentar: