

Inspiration
“siapa
yang punya ide gila pasti ditentang.”
“Who has the value added of products, it
will be a winner.”
Product Positioning
Positioning adalah cara yang
dilakukan oleh pemasar untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen
untuk produk, merek, atau lembaga tertentu. Positioning atas suatu merek adalah penting untuk membujuk dan
menciptakan citra dalam benak pelanggan sekaligus membangun kepercayaan
konsumen.
Positioning
dapat ditunjukan dengan tagline berupa kata-kata yang menarik, mudah diingat
sekaligus menggambarkan identitas dan kepribadian yang dimiliki merek tersebut.
Pada The Chocolate War dapat
diketahui bahwa Hershey memiliki tagline “The Great American Chocolate
Bar”, sedangkan kompetitornya M&M menggunakan tagline “Meleleh di dalam
mulut Anda, bukan di tangan Anda”.
Differentiation product di dukung dengan Positioning product
dan Brand menjadi Top of Mind merek chocolate
Hershey dan Mars sangat kompetitif dan mampu bersaing dengan ketat. Hershey
menjadikan coklatnya sebagai ikon dari America (Real American Chocolate atau Chocolate klasik yang sudah dikonsumsi
secara turun temurun). Sedangkan M&M mampu menciptakan tren baru dimana
coklat dikemas dalam bentuk permen.
Graduate student of Management and Business-IPB Class of EK10
Marketing Class Notes — Based on Video “Chocolate Wars” at Thrusday, February 21, 2012
Based on lecturer: Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. Sc
0 komentar:
Posting Komentar