“PROMOSI (BAB 4) DAN KINERJA PEMASARAN (BAB 5)”
Kelompok 1
1.
Adi Wiyono, P056111703.10EK,
Mengenai Harga Obral, kapan dan faktor-faktor apa saja
yang dipertimbangkan dalam melakukan obral?
2.
Masetya Mukti, P056111863.10EK,
Bagi perusahaan yang baru berdiri dan berkembang, sasaran
promosi apa yang menjadi prioritas, apakah trade promo atau consumer promo?
Trade promo merupakan langkah-langkah yang
dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui peningkatan kegiatan
penjualan oleh para agen, grosir, dan pengecer (distributor) dengan cara
pemberian hadiah, bonus potongan harga, dsb. Ada 3 macam trade promotion yang
banyak dilakukan oleh perusahaan, yaitu:
a. Price
discount (potongan harga)
b. Quantity discount (potongan harga untuk
pembelian dalam jumlah banyak)
c. Trade goodwill, adalah menjalin hubungan yang
baik dengan distributor secara langsung yang bertujuan untuk menanamkan
loyalitas dan kepercayaan terhadap perusahaan.
Consumer promotion adalah kegiatan promosi yang
dilakukan perusahaan untuk membujuk konsumen agar membeli produk yang
ditawarkan. Jenis consumer promotion sebagai berikut:
a.
Kupon,
adalah selebaran dengan ciri-ciri atau tanda khusus yang diberikan kepada
masyarakat dan dapat ditukarkan dengan sebuah produk yang telah ditentukan.
b.
Premiums:
special offer (diskon khusus), Banded sale (berhadiah barang lain), Doorprize (undian langsung).
c.
Pembagian
pin up, jam dinding, t-shirt.
d.
Hubungan
Masyarakat, dimana perusahaan terus menjalin hubungan dengan masyarakat agar
tetap menggunakan produk perusahaan.
e.
Pemasaran
Langsung, adalah perusahaan memasarkan produknya langsung ke masyarakat atau
konsumen dengan cara mendatangi konsumen agar masyarakat dapat mengetahui
produk yang perusahaan tawarkan.
f.
Sponsorship,
adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan mensponsori
kegiatan-kegiatan yang di lakukan outsiders
dengan melihat dan mempertimbangkan dampak serta kompensasi yang diberikan dari
kegiatan tersebut terhadap konstribusi untuk perusahaan. Contoh sponsorship:
mensponsori pemilihan gadis sampul majalah gadis dan aneka.
Jadi
dapat dikatakan sasaran promosi strategis bagi perusahaan yang baru berdiri dan
berkembang adalah consumer promo karena
pendekatan kepada konsumen tersebut penting untuk membentuk brand image perusahaan.
3.
Dian Widi Prasetyo, P056111773.10EK,
Ada berapa cara untuk mengukur kinerja divisi pemasaran
pada perusahaan dan seberapa efektif pengukuran tersebut?
4.
Asmaul Husna, P056111733.10EK,
Dari beberapa elemen bauran pemasaran seberapa penting
promosi apabila diberikan skala 1-10? sertakan alasannya
Skala nilai 9, menurut kelompok kami promosi
merupakan alat komunikasi yang dapat membantu menghubungkan kita (produsen)
dengan pelanggan (konsumen). Bayangkan saja jika suatu perusahaan yang memiliki
produk unggul karena kurangnya promosi, informasi keunggulan produk tersebut
tidak sampai kepada konsumen, akibatnya perusahaan akan merugi.
5.
Hariono, P056111823.10EK,
Strategi apa yang digunakan oleh perusahaan dalam
memuaskan kebutuhan produk yang dipakai oleh konsumen sehingga konsumen merasa
loyal terhadap merk produk tertentu? sertakan alasan rendahnya loyalitas
konsumen terhadap produk yang dipakai.
6.
Niken Dyah Kusuma Dewi, P056111883.10EK,
Apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan
produktivitas produk dalam kaitannya dengan promosi dan kinerja pemasaran
sebagai point dalam sokongan pada perusahaan?
7.
Kurniawan Muhammad Nur, P056111853.10EK,
Seberapa
besar tingkat efektivitas bentuk promosi menggunakan media offline (cetak,
radio, tv) dan online (internet)?
8.
Dwi Nur Rifatin Oetami, P056111783.10EK,
Seberapa penting peran kinerja pemasaran untuk
perusahaan-perusahaan BUMN yang memonopoli seperti PLN dan Pertamina di dalam
memasarkan produknya?
Promosi yang
dilakukan perusahaan dipengaruhi oleh lingkungan kompetitif operasi perusahaan.
Promosi sebagai strategi pemasaran kurang berperan pada perusahaan yang
beroperasi pada kondisi pasar persaingan sempurna dimana kurva permintaan
perusahaan horizontal. Sebaliknya bagi perusahaan yang beroperasi pada pasar
tidak sempurna, promosi dapat berperan penting dalam strategi pemasaran.
Contohnya perusahaan monopoli (PLN dan Pertamina) melakukan monopoli untuk
menciptakan permintaan dengan menciptakan diferensiasi produk disamping usaha
untuk meningkatkan permintaan dan mempertahankan pangsa pasar.
Kelompok 3
1.
Wisnu
Gita, P056111983.10EK,
Faktor apa yang paling
berpengaruh dalam strategi pemasaran dalam rangka pengoptimalan keuntungan
(laba)?
Salah satu
faktor yang paling berpengaruh dalam strategi pemasaran adalah promosi. Sebuah
perusahaan harus mengalokasikan anggaran cukup besar untuk menyelenggarakan
iklan, promosi penjualan kepada konsumen sebagai upaya menarik minat pembeli
lebih kuat dan cepat. Promosi digunakan untuk tujuan jangka pendek strategi
pemasaran yaitu meningkatkan penjualan demi perolehan laba maksimal perusahaan.
2.
Siska
Rahmawati, P056111943.10EK,
Apa metode pengukuran kinerja
promosi yang paling efektif? berikan alasannya.
3.
Mohamad Ilham Hilal, P056111873.10EK,
Apakah kinerja pemasaran dan
kinerja operasional saling terkait? berikan contohnya.
Iya saling terkait, kegiatan produksi
yang baik dapat menghasilkan produk dengan kuantitas dan kualitas yang baik.
Hal ini tentu saja mempermudah proses pemasaran, dengan banyaknya produk yang
dihasilkan maka ketersediaan produk banyak dan mudah dijangkau oleh konsumen.
Selain itu, dengan kualitas yang baik maka produk bisa menciptakan suatu
kekuatan merek di mata konsumen sehingga dapat menumbuhkan sikap setia
konsumen.
4.
Diah
Arum Savitri, P056111763.10EK,
Apakah customer retension
selalu diakibatkan karena adanya customer satisfaction? berikan beserta
contohnya.
5.
Danang, P056111743.10EK,
Kepuasan pelanggan dan
resistendi pelanggan memiliki kaitan sangat penting dengan strategi pasar
(market based strategy) dan profitabilitas. apa tujuan akhir dari strategi
pemasaran?
6.
Ali Murtadho, P056111713.10EK,
Tujuan pemasaran bukan semata-mata untuk meraih
keuntungan dan hubungan antara produsen dan konsumen tidak ada dampak yang
signifikan. Untuk itu berikan contoh hubungan baik produsen dan konsumen?
7.
Dyah Kusuma, P056111793.10EK,
Strategi pemasaran seperti apa yang dilakukan perusahaan
kaitannya dalam mencapai kepuasan pelanggan dan di sisi lain juga harus
mempertimbangkan profitabilitas bagi perusahaan?
Kelompok 4
1.
Sari Wiji, P056111913.10EK,
Pada
Behavioral segmentation breakdown,
bagaimana strategi promosi yang
harus disampaikan untuk menarik kembali
konsumen yang sudah tidak tertarik lagi dengan produk yang ditawarkan?
2.
Uri Anjarwati, P056111973.10EK,
Konsumen
tidak mengenal produk yang ditawarkan, dan terkadang mereka
tidak memahami isi iklan atau bentuk promosi yang disampaikan mungkin
karena durasi iklan yang pendek atau
dengan sengaja tidak ditampakkan karena memang produknya hanya terkhusus pada segmen pasar
tertentu. Strategi apa yang mungkin
menurut kelompok saudara paling tepat?
3.
Firda Rahma, P056111813.10EK,
Strategi
periklanan apa yang paling efektif menurut kelompok saudara?
4.
Sefri Ton, P056111923.10EK,
Strategi
pemasaran harus dapat membuktikan bahwa dapat meningkatkan discounted cast
flows, mohon dijelaskan dan diberikan contoh konkritnya?
5.
Indah Eko, P056111833.10EK,
Pemasaran
merupakan suatu proses manajemen yang berusaha memberikan keuntungan yang
maksimal dengan membangun hubungan yang berkualitas dengan pelanggan dan dapat
menciptakan suatu competitive advantage. Jelaskan
dan berikan contohnya!
6. &nbrp;
Sandryas Alief, P056111903.10EK,
Dalam
mengukur kinerja pemasaran melalui focus, salah satunya dihasilkan hal berupa
tersedianya indicator berguna untuk kinerja bisnis dimasa depan. Indicator apa
saja yang dimaksud dan jelaskan!
7.
Ujang Tri
Cahyono, P056111963.10EK,
Bagaimana
memaksimalkan akuntansi dalam kinerja pemasaran mengingat banyaknya kelemahan
dalam accounting based Performance Measures?
1 komentar:
Terima kasih aditiya prananda.. postingan saudara sangat membantu saya..
Posting Komentar