Rabu, 05 Desember 2012

CEO Exchange - Positioning


 Pada kuliah Manajemen Pemasaran 27 November 2012, diperlihatkan video yang sangat inspiratif pada program CEO Exchange yang merupakan acara forum bisnis yang menghadirkan para pemimpin bisnis yang sangat dinamis dan visioner pada abad ini. Program CEO Exchange ini dipandu oleh Jeff Greenfield, seorang wartawan senior yang sangat dikenal di Amerika Serikat dan Eropa.
Dalam CEO Exchange kali ini menampilkan Jeffrey R. Immelt, CEO General Electric Company yang bergerak dalam bidang energi, air, transportasi darat maupun udara, kesehatan dan jasa finansial. Selain itu, hadir juga Irene B. Rosenfeld, CEO Kraft Company atau Kraft Foods merupakan produsen makanan yang terbesar kedua setelah Nestle. Produk-produk yang terkenal dari Kraft Food antara lain Oreo, Cardbury, Kraft Cheese dan lainnya.

Dari tayangan tersebut hal menarik yang sangat inspiratif adalah kedua CEO itu semasa muda nya adalah seorang atlet. Jeff adalah atlet Football sedangkan Irene adalah atletik. Mereka menggunakan falsafah olahraga dalam menjalani pekerjaan mereka, yaitu berani dan pantang menyerah. Mereka terapkan hal itu dalam mengelola perusahaan masing-masing.

Jeff Immelt adalah seorang CEO yang mau mendengarkan keluhan/ masukan para shareholder demi untuk kemajuan perusahaan. Dia juga sangat transaparan mengenai apa yang terjadi di dalam perusahaan. Dalam membangun GE Electric yang sempat terpuruk, Jeff melakukan terobosan startegi marketing dengan istilah Ecoimagination, yaitu startegi yang menerapkan inovasi baru dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.



Sedangkan Irene B. Rosenfeld adalah CEO yang sangat memperhatikan detail di dalam meningkatkan penjualan perusahaan Kraft. Dia tidak segan-segan melakukan survei ke lapangan sehingga dapat mengetahui prilaku konsumen. Dia juga sangat concern terhadap divisi R&D Kraft agar produk Kraft selalu menjadi market leader di pasar produk susu olahan, keju, atau makanan siap saji. Selain itu, Kraft juga mengembangkan pangsa pasarnya dengan mengakuisisi berbagai perusahaan kecildengan tujuan memperkuat merek dan investasi pada bisnisyang sedang berkembang.

Kedua CEO ini juga menganggap bahwa karwayan/SDM adalah aset dan mitra perusahaan, mereka sangat menghargai sekali peran serta karyawan di dalam perusahaan. Sehingga tidak ada gap diantara atasan-bawahan. Kedua CEO juga berusaha membentuk positioning perusahaan dengan kegiatan inovasi yang dilakukan. Jeff Immlet dengan konsep Ecoimagination sedangkan Irene B. Rosenfeld berusaha dengan memberikan pencerahan tentang pola hidup sehat kepada konsumen.

Pernyataan yang menginspirasi saya adalah
1.      Gagal dalam mencari kerja lebih baik daripada ketika bekerja gagal dalam melaksanakan tugasnya (Jeff Immlet).
2.      Untuk mencapai hasil yang diinginkan, bisnis dijalankan dengan memahami kebutuhan konsumen, inovasi yang berkelanjutan, danmenciptakan makanan yang lezat. (Irene B. Rosenfeld).
Atur waktu sebaik-baiknya dan hancurkan Blackberry (Jeff Greenfield). J

0 komentar: